Friday 10 June 2022

3 Tips Menabung untuk DP Mobil Baru


DP mobil baru bukanlah hal yang mudah untuk dikumpulkan dalam hitungan hari. Membeli mobil adalah keputusan besar dan juga mahal. Rata-rata, kebanyakan orang Indonesia menghabiskan sepuluh persen dari pendapatan bulanan mereka untuk transportasi. Adapun pengeluaran tersebut datang dalam bentuk pembayaran mobil bulanan. 

Bagi Anda yang hendak membeli mobil, maka pastikan untuk teliti dengan baik apa yang hendak dibeli supaya tidak salah dalam memilih. Membeli mobil adalah pengeluaran yang sangat besar, oleh sebab itu, Anda perlu dengan sedetail mungkin merinci apa saja yang perlu dikeluarkan. Lalu bagaimana sih tips menabung agar bisa DP mobil?

Tips Menabung Beli Mobil Baru

  1. Teliti Mobil Dengan Sabar

Sebelum Anda membeli mobil, luangkan waktu untuk menentukan jenis mobil yang tepat dan Anda inginkan, apakah untuk kebutuhan atau untuk gaya hidup. Internet, dapat memberi Anda banyak informasi tentang mobil yang sekiranya bisa dibeli.

Setelah Anda memutuskan mobil, dan menentukan kisaran harganya, Anda harus melakukan beberapa analisis harga. SEVA adalah platform yang bisa menjadi sumber informasi tentang harga mobil. Setelah Anda mengetahui mobil yang Anda inginkan dan kisaran harganya, Anda bisa hitung DP dan kredit per bulan melalui fitur Loan Calculator.

  1. Tetapkan Batas Anggaran

Ketahui anggaran Anda sebelum mulai berbelanja mobil. Para ahli merekomendasikan untuk membelanjakan tidak lebih dari 10% hingga 15% dari gaji bulanan Anda untuk pembayaran mobil. Tips tersebut juga merupakan ide yang baik untuk menjaga jangka waktu pinjaman mobil sampai lima tahun atau kurang.

 Jangka waktu pinjaman yang lebih lama dapat menyebabkan sejumlah masalah, termasuk harus membayar lebih banyak bunga total, dan bahkan mungkin berhutang lebih banyak kepada pemberi pinjaman daripada nilai mobil.

Namun, jangka waktu pinjaman yang lebih lama bisa menjadi pilihan yang bagus bagi siapa saja yang memiliki anggaran terbatas jika pembayaran bunganya rendah karena bisa mengurangi jumlah yang Anda bayarkan setiap bulan. 

Tips untuk atur keuangan adalah :

  • Siapkan dana darurat

  • Bayar utang berbunga tinggi

  • Simpan untuk tujuan keuangan lainnya

Triknya adalah hanya membelanjakan apa yang Anda mampu berdasarkan pinjaman lima tahun atau kurang. Jika anggaran pembayaran mobil bulanan berdasarkan pinjaman lima tahun, adalah Rp 500 juta, Anda dapat memperpanjang pinjaman lebih dari lima tahun untuk menurunkan jumlah itu. Hitungan tersebut juga perlu ditentukan dengan DP mobil baru yang dikeluarkan.

Tetapi jika Anda memperpanjang pinjaman Anda dan tetap sekitar Rp 500 juta atau lebih tinggi, Anda bisa tersedot ke dalam jumlah pinjaman yang lebih tinggi dengan periode pembayaran yang lebih lama..

  1. Jangan Lupa Biaya

Saat mencoba mencari tahu berapa banyak mobil yang Anda mampu, pertimbangkan biaya mobil. Sekitar 1 dari 8 pengemudi tidak mobilnya dan tergantung di mana Anda tinggal, jumlah pengemudi di jalan tanpa asuransi bisa jauh lebih tinggi. Jika Anda hendak membeli mobil baru, maka pastikan untuk hitung biaya asuransi. 

Pastikan Anda tahu berapa banyak biaya mobil yang Anda butuhkan. Demikian juga, kenali istilah yang Anda lihat saat mendapatkan penawaran sebuah mobil. Lakukan riset sendiri sampai menemukan penawaran yang lebih baik secara online.

Sudah tahu apa saja yang diperlukan ketika hendak membeli mobil? Nah, kalau Anda ingin sekali beli mobil dengan mudah dan tepat, gunakan SEVA. Platform beli mobil baru ini bisa melayani pembelian dengan cara kredit da nada fitur Instant Approval yang akan membantu Anda temukan mobil dengan anggaran terbaik. Yuk, unduh SEVA sekarang!


3 Tips Menabung untuk DP Mobil Baru Rating: 4.5 Diposkan Oleh: blogz

0 comments:

Post a Comment