Monday 20 June 2022

Tetap Nyaman Beraktivitas Saat Menstruasi


 Menstruasi adalah salah satu hal yang dialami oleh hampir semua wanita normal di usia suburnya. Menstruasi terjadi karena terjadinya peluruhan sel telur yang sudah matang yang tidak dibuahi. Pada wanita usia subur tersebut menstruasi bisa datang setiap bulan sehingga banyak yang menyebut menstruasi sebagai datang bulan. Umumnya menstruasi ini berlangsung antara 2 hingga 7 hari, akan tetapi di beberapa kasus menstruasi bisa berlangsung dalam waktu yang lebih lama.


Saat mengalami menstruasi seringkali terjadi perubahan pada seorang wanita baik secara fisik maupun emosional. Wanita yang mengalami menstruasi terkadang mengalami rasa tidak nyaman pada tubuhnya serta emosi yang tidak stabil. Dan terkadang hal tersebut bisa mengganggu aktivitas.


Beraktivitas secara normal saat menstruasi mungkin sulit bagi sebagian wanita. Akan tetapi untuk sebagian yang lain hal tersebut memungkinkan untuk dilakukan. Dan beberapa hal di bawah ini bisa dilakukan untuk menjadikan tetap nyaman beraktivitas di kala menstruasi. Adapun beberapa hal tersebut diantaranya adalah sebagai berikut:


Menggunakan Pembalut yang Tepat

Salah satu hal yang menjadikan wanita tidak nyaman saat menstruasi adalah takut bocor. Pembalut yang tepat ini tentu saja selain bisa mencegah bocornya cairan menstruasi juga memiliki ukuran yang tepat serta bahan yang nyaman untuk digunakan. Dengan menggunakan pembalut yang tepat maka kekhawatiran ini bisa disingkirkan dan wanita bisa beraktivitas dengan nyaman seperti hari hari biasa.


Cukupi Kebutuhan Nutrisi Tubuh

Hal lain yang perlu untuk dilakukan adalah mencukupi kebutuhan nutrisi tubuh. Beberapa nutrisi yang dibutuhkan saat menstruasi ini misalnya kandungan sejumlah vitamin yang bisa didapatkan dari buah buahan dan sayuran. Selain vitamin, nutrisi lain yang dibutuhkan oleh tubuh kala menstruasi ini adalah makanan yang mengandung magnesium yang bisa didapatkan dari kacang kacangan, beras merah, oat dan lain sebagainya.


Cukupi Kebutuhan Tubuh Akan Cairan

Sama seperti saat tidak menstruasi kita juga perlu untuk tetap mencukupi kebutuhan tubuh akan cairan. Hal ini salah satunya bisa dilakukan dengan mengkonsumsi 8 gelas air putih setiap harinya.


Tidur yang Cukup

Waktu tidur yang cukup setidaknya antara 6 hingga 9 jam setiap harinya sangat disarankan untuk anda yang sedang mengalami menstruasi. Dengan cukupnya waktu tidur di malam hari ini keesokan harinya anda bisa beraktivitas dengan kondisi tubuh yang lebih segar. Saat menstruasi jika memungkinkan disarankan juga untuk melakukan tidur siang.


Berolahraga dengan Intensitas Rendah

Dengan berolahraga saat menstruasi bisa menjaga aliran darah, hormon dan cairan tubuh tetap lancar. Tentu saja olahraga yang dilakukan saat menstruasi ini adalah olahraga dengan intensitas yang cukup rendah.

Hindari olahraga intensitas tinggi karena bisa beresiko cedera dan membebani otot.


Tetap Nyaman Beraktivitas Saat Menstruasi Rating: 4.5 Diposkan Oleh: blogz

0 comments:

Post a Comment