Wednesday 3 May 2023

Mau Buka Usaha Makanan Ringan? Perhatikan Hal Berikut Ini


 Bisnis di bidang makanan ringan merupakan salah satu jenis bisnis yang bisa dibilang mempunyai prospek cukup bagus. Kita bisa memulai bisnis di bidang ini dengan modal yang tidak terlalu banyak dan bisa memperoleh keuntungan berkali lipat. Bahkan jika kita tekun dalam menjalani usaha ini maka bisa saja usaha makanan ringan yang kita jalankan berkembang pesat, yang tadinya hanya skala usaha rumahan saja menjadi perusahaan dengan banyak karyawan.

Akan tetapi tentu saja untuk sampai ke titik tersebut tidaklah semudah membalikan telapak tangan. Perlu lebih dari sekadar ketekunan untuk bisa mencapai kesuksesan di bisnis makanan ringan ini.


Nah untuk kita yang saat ini sedang akan memulai usaha di bidang makanan ringan beberapa hal berikut ini bisa diperhatikan sehingga usaha akan yang kita jalankan bisa optimal dan meraih kesuksesan kedepannya. 


Beberapa hal yang perlu kita perhatikan sebelum memulai usaha makanan ringan ini antara lain adalah sebagai berikut:


Jenis Makanan Ringan yang Kita Jual

Hal pertama yang harus jadi pertimbangan sebelum memulai usaha tentu saja adalah soal apa yang akan kita jual. Seperti yang kita ketahui ada banyak jenis makanan ringan yang saat ini sudah dijual di pasaran. Tak ada salahnya kita melakukan riset kecil kecilan dulu sebelum memulai jualan makanan ringan ini. Dari situ akan kita peroleh kira kira jenis makanan ringan apa yang  prospek penjualannya bagus dan yang bisa menghasilkan margin keuntungan cukup besar.


Makanan ringan yang akan kita jual ini bisa saja merupakan produk olahan kita sendiri. Atau bisa juga produk dari pihak lain dan kita hanya menjualkannya saja.


Dalam hal jenis makanan yang akan kita jual ini juga harus kita perhatikan soal perizinannya. Karena ada jenis makanan yang hanya butuh izin P-Irt saja, namun ada juga jenis jenis makanan tertentu yang harus memiliki izin edar dari BPOM.


Cara Penjualan

Hal selanjutnya yang harus kita jadikan perhatian dalam memulai usaha penjualan makanan ringan adalah tentang cara penjualan yang akan dilakukan. Untuk saat ini secara garis besar ada dua metode jualan makanan ringan yang bisa kita lakukan yakni secara offline dan online.

Untuk penjualan secara offline kita bisa melakukannya sendiri dengan membuka kios, toko, gerai atau yang sejenisnya di lokasi yang strategis. Tentu saja hal ini membutuhkan biaya ekstra yakni biaya sewa tempat, listrik dan lain lain. Atau bisa juga kita menjualnya dengan menitipkan ke warung warung, toko oleh oleh atau bahkan ke minimarket yang ada di sekitar kita. Untuk yang menggunakan metode penitipan ini maka yang harus diperhatikan adalah soal perjanjian kontraknya. Seperti bagaimana aturan soal harga jual, soal retur barang yang tidak terjual dan lain sebagainya.


Sedangkan untuk yang menggunakan metode online, kita bisa melakukan penjualan melalui media sosia seperti ig, fb dan tiktok, marketplace seperti shopee dan tokopedia maupun menggunakan website sendiri. Masing masing punya kelebihan tersendiri.


Namun untuk penjualan secara online ini ada satu hal krusial yang harus diperhatikan, yakni soal pengiriman. Tak hanya soal ongkos kirim saja tetapi juga soal lama waktu pengiriman. Mengingat yang kita jual dan kirim adalah makanan yang memiliki waktu kadaluarsa maka pastikan menggunakan jasa pengiriman yang cepat sampai. Untuk yang masih di dalam kota bisa memilih layanan same day dari jasa pengiriman.  


Metode Promosi yang Dipakai 



Berbeda cara penjualan dan apa yang dijual maka bisa saja metode promosi yang dipakai berbeda. Metode promosi untuk jualan makanan ringan dengan jualan barang lain bisa saja berbeda. Begitu juga metode promosi jualan makanan ringan secara offline dengan online juga berbeda. 


Untuk strategi promosi secara offline misalnya bisa dilakukan dengan  mengikuti event event pameran UMKM yang beberapa tahun belakangan ini sering diselenggarakan oleh pemerintah. Dengan ikut event ini kita bisa membuka stand di sana  dan mempromosikan makanan ringan yang kita jual. Untuk kita yang bermodal cukup besar tak ada salahnya juga melakukan metode promosi offline dengan cara membagikan tester makanan yang kita jual. 


Sedangkan untuk yang menggunakan metode online untuk jualan makanan ringan maka bisa memanfaatkan beberapa teknik digital marketing yang ada. Sebagai salah satu contoh dengan menggunakan facebook ads. Melalui fb ads ini kita bisa menargetkan audience yang sesuai dengan pangsa pasar makanan ringan yang akan kita jual misalnya saja dari segi umur, lokasi, gender dan lain sebagainya. Tentu saja untuk keefektifan promo dengan fb ads ini kita perlu menggunakan copywriting yang menarik minat orang untuk membeli produk kita.


Sarana Pendukung Lain



Untuk menjadikan bisnis makanan ringan yang kita jalankan bisa optimal maka kita perlu meningkatkan efektifitas dan efisiensi usaha. Dan untuk hal tersebut kita butuh sarana pendukung. Salah satunya adalah dalam hal pembukuan keuangan. 


Hal ini karena pembukuan merupakan salah satu hal penting yang perlu ada dalam sebuah bisnis. Banyak pelaku bisnis yang bisnisnya tidak berjalan dengan optimal karena pembukuan yang kacau. Tak menutup kemungkinan juga pembukuan yang berantakan dalam sebuah bisnis bisa menyebabkan kebangkrutan.


Hal ini bisa saja terjadi karena dengan pembukuan yang tidak dilakukan dengan baik maka bisa saja uang bisnis tercampur dengan uang pribadi. Sehingga yang seharusnya digunakan untuk mengembangkan bisnis malah dipakai untuk kepentingan konsumtif pribadi.


Untungnya saat ini sudah ada software akuntansi yang bisa kita pergunakan untuk melakukan pembukuan keuangan usaha kita. Salah satu contoh software yang bisa kita jadikan pilihan adalah kledo. 


Bukan tanpa alasan tentunya kenapa kledo ini cukup direkomendasikan. Salah satu alasannya tentu saja karena adanya berbagai kelebihan yang dimiliki oleh kledo. Kelebihan pertama tentu saja karena kledo ini gratis, dengan begitu kita yang baru memulai usaha sudah bisa langsung menggunakan software dari kledo tanpa harus mengeluarkan anggaran ekstra. Kelebihan lainnya yakni kledo merupakan software akuntansi yang mudah digunakan. Kita hanya perlu masuk ke web kledo dan mendaftarkan diri, setelah itu kita bisa gunakan fitur fitur yang ada di sana. User interface yang ada pada software kledo ini mudah dipahami bahkan oleh mereka yang baru menggunakannya.


Dan meskipun kledo adalah software akuntansi gratis namun fitur fitur yang demikian sangat lengkap. Dengan kledo kita bisa melakukan pencatatan masuk dan keluarnya uang, hutang piutang usaha. Lewat kledo kita juga bisa generate invoice dengan desain yang profesional namun tetap menarik.


Mau Buka Usaha Makanan Ringan? Perhatikan Hal Berikut Ini Rating: 4.5 Diposkan Oleh: blogz

0 comments:

Post a Comment